Fungsi dan Kegunaan dari Stabilizer Stang

Stabilizer Stang - Stabilizer stang (Steering Dumper) adalah part yang digunakan diberbagai macam motor dalam memodifikasi bisa juga keperluan racing atau drag dan road race, Tapi kalau untuk trail saya kurang paham karena belum pernah lihat dan juga part wajib dalam memodifikasi motor entah itu bisa untuk kontes maupun bisa untuk harian.

Fungsi dan Kegunaan dari Stabilizer Stang
Stabilizer Stang
Kegunaan stabilizer stang motor sendiri fungsinya adalah untuk menghasilkan putaran stang lebih lambat dengan menggunakan sistem hidraulik agar mencapai kesetabilan saat dalam kecepatan tinggi atau cara kasarnya agar tidak goyang saat berada dalam kecepatan tinggi maupun menuver tikungan. Kini stabilizer stang juga mempunyai beberapa varian dan harganya juga varian dari mulai harga 200 ribuan hingga mencapai jutaan rupiah tergantung model, jenis, material dan panjangnya.

Dan kini juga bermunculan steering damper yang dapat di stel kekerasan contohnya merk kitaco yang dapat diatur tingkat kekerasannya hingga sebelas tingkatan namun pada umumnya yang akan diberikan  adalah soft-medium dan hard yang dapat dipakai sesuai kebutuhan para pengguna modifikasi.

Untuk pengaturan sendiri harus disesuaikan denga trek yang sering dilewati, Jika banyak menempuh perjalanan jauh maupun jalanan yang tidak terlalu banyak tikungan maupun belokan tajam, Mediun jalan yang berimbang antara jalan lurus dan jalan belokan misal dijalan pegunungan dan setting soft untuk banyak belokan maupun perkotaan yang membutuhkan manuver untuk melaju ditengah kemacetan.

Untuk steering damper single atau tampa ada tambahan setting, Pilihlah panjang stabilizer stang yang sesuai kebutuhan karena stabilizer stang sekarang banyak variannya dan fungsinya. Panjang steering damper sendiri juga tersedia dalam ukuran 26 cm, 28 cm, 35,5 cm dan 37 cm bisa dipilih sesuai trek yang dilalui. Untuk jalan yang banyak lurus nya pilihlah ukuran yang 26 cm ataupun 28 cm karena radius putaran stang menjadi lebih minim , biasanya di aplikasikan dimotor  balap maupun drag race 201m.

Mengaplikasikan steering damper ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti :
Stang stabil dikala kecepatan tinggi dan saat menikung juga akan stabil walau kecepatan tinggi.
Menambah kesan racing pada motor.
Siap turun kontes, drag race dan road race.

Mengaplikasikan stabilizer stang ini juga memiliki kekurangan seperti :
Stang terasa lebih berat bahkan seperti dikunci stang padahal tidak dikunci stang.
Jika berakibat fatal bila salah memilih.
Membuang uang jika tidak diperlukan.

Itulah artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pengguna motor maupun para modifikasi . Sebelumnya terima kasih sudah membaca artikel ini.
Share on Google Plus

About Unknown

1 comments: