Tips Buat Pelek Jari-Jari Bisa Gunakan Ban Tubeless

Tips Buat Pelek Jari-Jari Bisa Gunakan Ban Tubeless
Tips Buat Pelek Jari-Jari Bisa Gunakan Ban Tubeless
Biker yang doyan kinclong pasti memilih pelek jari-jari untu tunggangannya. Tapi pelek jari-jari harus menggunakan ban dalam yang biasanya kalau kena paku langsung bocor. Beda dengan ban tubeless, pelek jari-jari juga enggak bisa dipakai ban tubeless karena ada rongganya.

Berbeda dengan pelek casting yang enggak ada ronggannya. namun tidak perlu khawatir, bagi yang ingin menggunakan pelek jari-jari untuk bantubeless ada solusi murah dan mudah neh. Apa saja itu? Yuk, kita lihat dibawah ini.

Menggunakan Ban Dalam
Pakau ban dalan motor matik yang lingkarannya 14 inci bisa lebih kuat. Fungsi ban dalamnya sama seperti lem akuarium yang akan menutupi lubang setelan jari-jari. Metode ini jauh lebih kuat dari pada menggunakan lem akuarium. Trik ini bisa diterapkan buat sobat yang menggunakan pelek 17 inci.

Jadi ban dalam motor matik dipotong bagian tengahnya hingga berbentuk melebar. Setelah itu masukan ban dalam matik yang telah di potong. Karena lingkar ban dalam matik lebih kecil, otomatis akan menutup rapat lubang jari-jari. Makanya bisa dipasangkan ban tubeless.

Pentilnya tidak perlu menggunakan tubeless. Tetap menggunakan pentil ban dalam matik. Saat mau dipasang ban luar, biarkan ban dalam matiknya keluar bagian pelek. Jadi lebih kuat karena terjepit dinding ban luar. Setelah itu baru potong bagian ban dalam yang kelaur dari pelek.

Menggunakan Sealant/Lem aquarium
Aplikasikan lem dan ratakan, pastikan lobang pentil tidak tertutup oleh lem tersebut. Keringkan dengan menggunakan hair dryer sudah kering maka velg Anda sudah siap untuk mengunakan ban tubless.

Disarankan untuk tetap menggunakan cairan anti bocor supaya aada lem yang terkelupas akan dapat di tutup oleh cairan ini. Bila berhasil ente tidak perlu menambal bal lagi hanya mencabut benda asing yang menancap di ban Anda.

Menggunakan Manset
Ada karet khusus yang disebut manset untuk menutup jeruji di balik pelek jari-jari dan serbuk karet untuk menutupi celah pada pelek tang sudah berkarat. Cukup beli ban tubeless dan menambahkan satu ban, maka pelek jari-jari akan bisa dipakai ban tubeless.

Namun ada batas lebar pelek yang bisa diubah jadi tubeless, untuk lebar minimal 1.40 dan maksimal 3.00. Saat ini tersedia untuk pelek berdiameter 14 inci , 17 inci , dan 18 inci. Nah itu cara yang bisa dilakukan dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil sobat modifikasi.

Sumber: Motorplus-Online
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment